Minggu, 28 November 2010

Asal Usul Mantra Dalam Harry Potter part 2

Waduh, agak telat nih bikin postingan.. Maklum, lagi sibuk sekolah dan les...
Harry Potter and Deathly Hallows part 1 udah release seminggu lalu, dan buat para “muggle” pecinta Harry Potter, yang udah nonton di bioskop pasti udah ga penasaran. Tapi buat saya yang belum nonton ya jelas masih penasaran..hehe
maklum, saya nunggu upload-an aja lah yang udah DVDRip alias udah kualitas bagus, kaalu masih jelek mending besok aja.

oh ya ini saya kasih satu artikel nih tentang Harry Potter. Udah baca judulnya kan?! Jadi udah tahu apa isinnya..
Let’s Check it out..

Dumbledore's Army


Accio : Mantra untuk memanggil benda. Berasal dari bahasa latin “accio” yang artinya “aku memanggil”
Aguamenti : Mantra untuk mengeluarkan aor dari tongkat sihir. Berasal dari bahasa latin “aqua” yang berarti “air” dan dikombinasikan dengan bahasa inggris “augmentum” yang berarti “menambah”
Alohomora : Mantra pembuka kunci. Berasal dari bahasa afrika barat sidiki “alolhomora” yang artinya “pencuri”
Anapneo : Mantra pembuka jalan nafas, jika tercekik. Berasal dari bahasa yunani yang artinya “menarik nafas” atau “ menghidupkan kembali”
Aparecium : Mantra untuk memunculkan tinta tak terlihat. Berasal dari bahasa latin “appareo” yang berarti “muncul”
Avada Kedravra : Mantra kutukan kematian. Berasal dari bahasa aram “abrakadabra” yang berarti “biarkan hal itu dihancurkan”
Avis : Mantra untuk memunculkan kawanan burung dari tongkat sihir. Berasal dari bahasa latin yang artinya “burung”
Cave Inimicum : Mantra pertahanan diri dari musuh. Berasal dari bahasa latin “cave” yang berarti “berhati-hati” dan “inimicum” yang artinya “musuh”
Colloptrus : Mantra agar para muggle tidak dapat membuka pintu. Berasal dari bahasa yunani “kollao” yang berarti “mengikat” dan dikombinasikan dengan bahasa latin “porta” yang artinya “pintu gerbang”
Confringo : Mantra penghancur yang memunculkan semburan api. Berasal dari bahasa latin “confringo” yang artinya “hancur berkeping-keping”
Confundo : Mantra agar lawan menjadi bingung, linglung dan pelupa, serta mengikuti perintah. Berasal dari bahasa latin “confundo” yang berarti “membuat bingung”
Crucio : Mantra penyiksa yang menimbulkan rasa sakit tak tertahankan. Berasal dari bahasa latin “crucis” yang artinya “aku menyiksa”
Defodio : Mantra yang digunakan untuk menggali bahan-bahan yang keras dan berat. Berasal dari bahasa latin “defodio” yang artinya “menggali”
Deletrius : Mantra yang digunakan untuk menghilangkan jejak sihir. Berasal dari bahasa latin “delere” yang berarti “memusnahkan” dan juga dari bahasa inggris “gelete” yang artinya “menghapus”
Densaugeo : Mantra kutukan pembesar gigi. Berasal dari bahasa latin “dens” yang berarti “gigi” dan “augeo” yang artinya membesar”
Deprimo : Mantra untuk membuat angin yang sangat kuat. Berasal dari bahasa latin “deprimo” yang artinya “menggali lebih dalam”
Descendo : Mantra untuk membuat segala sesuatu turun atau tenggelam. Berasal dari bahasa latin “descendo” yang berarti “turun”
Diffindo : Mantra untuk memotong atau merobek obyek. Berasal dari bahasa latin “diffindo” yang berarti “aku membagi”
Dissendium : Mantra untuk membuat si Patung Penyihir Punggung Bungkuk membuka dan menutup jalan rahasia menuju Honeydukes dan lorong-lorong rahasia lainnya. Berasal dari bahasa latin “discedo” yang artinya “aku menyimpang”
Duro : Mantra untuk membuat objek menjadi keras. Berasal dari bahasa latin “duro” yang artinya “aku buat keras”
Enorgio : Mantra untuk membuat obyek menjadi bengkak. Berasal dari bahasa Inggris “engorge” yang artinya “mengisi yang berlebihan”
Episkey : Mantra penyembuh luka kecil. Berasal dari bahasa yunani “episkeu” yang berarti “perbaikan”
Erecto : Mantra untuk mendirikan sesuatu. Berasal dari bahasa latin “ erectus” yang artinya “tegak”
Evanesco : Mantra untuk membuat target lenyap. Berasal dari bahasa latin “evanesco” yang berarti “menghilang”
Expecto Patronum : Mantra untuk memunculkan patronus yang berfungsi sebagai pengusir Dementor. Berasal dari bahasa latin “expecto patronum” yang berarti “aku menunggu pelindung”
Expelliarmus : Mantra untuk melucuti senjata atau tongkat musuh. Berasal dari bahasa latin “expellere” yang berarti “mengusir” dan juga dari bahasa latin “arma” yang artinya “senjata perang”
Expulso : Mantra untuk meledakkan obyek. Berasal dari bahasa latin “expulso” yang berarti “memaksa”
Ferula : Mantra pembuat perban. Berasal dari bahasa latin ferula yang berarti “tongkat”
Finite Incantatem : Mantra untuk menghilangkan efek dari banyak mantra. Berasal dari bahasa latin “finio” yang berarti “untuk mengakhiri” dan juga dari bahasa latin “cantio” yang berarti
Flagrate : Mantra untuk meninggalkan bekas api di udara yang dapat digunakan untuk menulis sesuatu di udara. Berasal dari bahasa latin “flagro” yang artinya “bersinar”
Furnunculus : Mantra kutukan untuk membuat lawan mendapat banyak bisul. Berasal dari bahasa latin “furunculus” yang awalnya berarti “pencuri kecil” tetapi akhirnya diartikan dari bahasa inggris “boil” yang berarti “mendidih”
Geminio : Mantra untuk menggandakan obyek. Berasal dari bahasa latin “gemino” yang artinya “lipat ganda”
Glisseo : Mantra untuk membuat tingkat-tingkat pada tangga menjadi datar dan licin. Berasal dari bahasa perancis “glisser” yang berarti “datar”
Homenum Revelio : Mantra untuk mendeteksi seseorang. Berasal dari bahasa latin”homo/hominis” yang berarti “orang” dan juga bahasa latin “ revelo” yang artinya “untuk mengungkap”
Immobulus : Mantra untuk membuat target berhenti bergerak atau beku. Berasal dari bahasa inggris “im-“ yang artinya “tidak” dan “mobile” yang berarti “bergerak”
Impendimenta : Mantra penghalang yang dapat membekukan obyek. Berasal dari bahasa latin “impedimentum” yang artinya “aku menghalangi”
Imperio : Mantra yang membuat lawan mejadi menuruti perintah. Berasal dari bahasa latin “imperare” yang artinya “perintah” juga dari bahasa inggris “imperium” yang artinya sama yaitu “perintah”
Impervius : Mantra untuk menolak benda. Berasal dari bahasa latin “impervius” yang artinya “tak dapat dilewati”
Incarcerous : Mantra untuk mengikat obyek dengan tali. Berasal dari bahasa inggris “incarcerate” yang berarti “memenjarakan” dan juga bahasa latin “carcer” yang artinya “penjara”
Incendio : Mantra penghasil api yang meledak. Berasal dari bahasa latin “incendo” yang berarti “untuk membakar”
Langlock : Mantra untuk mengunci lidah lawan ke langit-langit mulut. Berasal dari bahasa latin “lingua” yang artinya “lidah” dan dari bahasa inggris “lock” yang artinya “kunci”
Legilimens : Mantra untuk membaca pikiran, kenangan, dan emosi seseorang. Berasal dari bahasa latin “legere” yang berarti “membaca” dan “lens” yang artinya “pikiran”
Levicorpus : Mantra yang dapat membuat tubuh lawan terbalik dengan kaki menggantung di atas. Berasal dari bahasa latin “levo” yang berarti “membalikkan” dan “corpus” yang artinya “tubuh”
Liberacorpus : Mantra pelawan Levicorpus. Berasal dari bahasa latin “liberare” yang artinya “ bebas” dan “corpus” yang berarti “tubuh”
Locomotor : Mantra untuk memindahkan obyek. Berasal dari bahasa latin “loco” yang berarti “tempat” dan “moto” yang artinya “bergerak”
Locomotor Mortis : Mantra untuk mengunci kedua kaki. Berasal dari bahasa latin “loco” yang berarti “tempat” dan “moto” yang artinya “bergerak” serta “mors/mortis” yang berarti “kematian”
Lumos : Mantra untuk memunculkan sinar pada ujung tongkat sihir. Berasal dari bahasa latin “lumen” yang artinya “cahaya”

Dark Lord Army


Metolojinx Recanto : Mantra untuk membuat efek cuaca, seperti untuk menghentikan hujan. Berasal dari bahasa yunani “meteorologia” yang berarti “cuaca” dan dari bahasa inggris “jinx” yang berarti “membawa sial” serta dari bahasa latin “recanto” yang berarti “mencabut”
Mobiliarbus : Mantra untuk memindahkan pohon. Berasal dari bahasa latin “mobilito” yang berarti “menggerakkan” dan “arbor/arbus” yang artinya “pohon”
Mobilicorpus : Mantra untuk memundahkan manusia. Berasal dari bahasa latin “mobilito yang berarti “menggerakan” dan juga dari bahasa latin “corpus” yang berarti “tubuh”
Morsmordre : Mantra untuk memlukiskan tanda kegelapan. Berasal dari bahasa latin “mors” ya ng berarti “mati” dan dari bahasa perancis “mordre” yang artinya “menggigit”
Muffliato : Mantra untuk membuat orang lain didekat seseorang tidak mendengar percakapannya. Berasal dari bahasa inggris “muffle” yang artinya “memnyamarkan suara”
Nox : Mantra untuk mematikan cahaya yang keluar dari ujung tongkat akibat mantra Lumos. Berasal dari bahasa latin “nox” yang berarti “malam”
Obliviate : Mantra untuk menghilangkan memori. Berasal dari bahasa latin “oblivium” yang artinya “lupa”
Obscuro : Mantra untuk menutup, menghalangi pandangan seseorang. Berasal dari bahasa latin “obscuro” yang artinya “menutupi”
Oppugno : Mantra untuk menmbuat suatu obyek menjadi menyerang musuh. Berasal dari bahasa latin “oppugno” yang artinya “menyerang”
Orchideous : Mantra untuk memunculkan karangan bunga dari ujung tongkat. Berasal dari bahasa inggris “orchid” yang artinya “anggrek”
Pak : Mantra untuk mem-pak barang. Berasal dari bahasa inggris “pack” yang artinya “menata”
Peskipsi Pesternomi : Mantra untuk membuat sesuatu tidak berpengaruh. Berasal dari bahasa inggris “pesky” yang artinya “sial”, lalu “pixie” yang artinya “makhluk gaib” , dan “pester” yang berarti “mengganggu”, juga “no” yang berarti “tidak”, serta “me” yang berarti kata ganti orang ketiga.
Petrificus Totalus : Mantra untuk mengikat tubuh. Berasal dari bahasa inggris “petrify” artinya “membuat jadi batu” dan “total” yang berarti “sempurna”
Piertotum Locomotor : Mantra untuk menghidupkan patung zirah dan patung. Berasal dari bahasa latin “petrus” dalam italia “pietro” dan dalam inggris “petrus” yang artinya “batu”, bahasa latin “totus” yag berarti “seluruh”, bahasa latin “loco” yang berarti “ke tempat” dan bahasa latin “moto” yang berarti “bergerak”
Point Me : Mantra yang dapat membuat tongkat sihir menjadi kompas. Berasal dari bahasa inggris “point” yang artinya “titik/posisi” dan “me” yang berarti “aku”
Portus : Mantra yang digunakan untuk membuat suatu benda menjadi portkey. Berasal dari bahasa latin”portus” yang berarti “pelabuhan”
Prior Incantatato : Mantra untuk melihat suatu sihir yang diluncurkan oleh sebuah tongkat sihir. Berasal dari bahasa latin “prior” yang berarti “sebelum” dan “incanto” yang artinya “sihir”
Protego : Mantra pelindung yang dapat melindungi seseorang dari beberapa jenis kutukan. Berasal dari bahasa latin “protego” yang berarti “untuk melindungi”Protego Horribilis : Mantra pelindung dari kutuan hitam. Berasal dari bahasa latin “protego” yang berarti “untuk melindungi” dan “horribilis” yang artinya “mengerikan”
Protego Totalum : Mantra untuk melindungi tempat tinggal seseorang. Berasal dari bahasa latin “protego” yang berarti “untuk melindungi” dan “totus” yang artinya “keseluruhan”
Quietus : Mantra untuk mengembalikan suara yang menjadi normal akibat mantra Sonorus. Berasal dari bahasa latin “quietus” yang artinya “tidak mengganggu”
Reducio : Mantra untuk mengecilkan obyek akibat mantra Engorgio. Berasal dari bahasa latin “reducio” yang artinya “membawa kembali”
Reducto : Mantra untuk meledakkan obyek padat. Berasal dari bahasa latin “reductio” yang artinya “restorsasi”
Relashio : Mantra untuk melepaskan sesuatu dari tangan musuh. Berasal dari bahasa latin “rilasciare” yang berarti “untuk melepaskan”
Renerrvate : Mantra untuk mebebaskan seseorang dari ketidaksadaran. Merupakan mantra pelawan mantra Stupefy. Berasal dari bahasa inggris “re-“ yang berati “kembali” dan “nervous” yang artinya “saraf”
Reparo : Mantra untuk memperbaiki sesuatu yang rusak. Berasal dari bahasa latin “reparo” yang artinya “memperbaiki”
Repello Muggletum : Mantra pengusir golongan muggle. Berasal dari bahasa latin “repello” yang artinya “mengusir”
Rictusempra : Mantra yang dapat menyebabkan musuh tertawa karena merasakan sensasi yang menggelitik. Berasal dari bahasa “rictus” yang berarti “mulut terbuka” dan “semper” yang artinya “selalu”
Riddikulus : Mantra untuk mengubah Boggart menjadi bentuk yang lucu. Berasal dari bahasa latin “ridiculus” yang artinya “masuk akal”
Salvio Hexia : Mantra untuk mengamankan diri dari beberapa kutukan. Berasal dari bahasa latin “salvus” yang artinya “aman” dan dari bahasa inggris “hex” yang berarti “kutukan”
Scourgify : Mantra untuk membesihkan sesuatu. Berasal dari bahasa inggris “scour” yanng artinya “membersihkan”
Sectumsempra : Mantra untuk menciptakan luka-luka syatan pedang di diri musuh. Berasal dari bahasa latin “sectum” yang artinya “untuk memotong” dan “semper” yang berarti “selalu”
Serpensortia : Mantra yang dapat memunculkan ular dari ujung tongkat sihir. Berasal dari bahasa latin “serpen” yang berarti “ular” dan bahasa perancis “sortir” yang artinya “keluar”
Silencio : Mantra yang dapat membuat hening dan sunyi. Berasal dari bahasa italia “silenzio” dan bahasa spanyol “silencio” yang artinya sama-sama “diam”
Sonorus : Mantra untuk mengeraskan suara menjadi tidak normal. Berasal dari bahasa latin “sonorus” yang berarti “keras”
Specialis Revelio : Mantra untuk mengungkap rahasia. Berasal dari bahasa latin “specialis” yang berarti “khusus” dan revelo” yang artinya “untuk mengungkap”
Stupefy : Mantra untuk membuat seseoran menjadi tidak sadar. Berasal dari bahasa inggris “stupefy” yang berarti “membuat bodoh” juga dari bahasa latin “stupefacio” yang artinya “untuk membuat tidak masuk akal”
Tarantallegra : Mantra untuk membuat kaki musuh tidak berhenti menari. Berasal dari bahasa italia “tarantella” yang merupakan tarian tradisional di italia bagian selatan dan “allegra” yang berarti “menyenangkan”
Tergeo : Mantra untuk menghapus sesuatu dari kotoran semacam tinta, darah, debu, dll. Berasal dari bahasa latin “tergeo” yang berarti “menghapus”
Waddiwasi : Mantra untuk meluncurkan benda-benda kecil melalui udara. Berasal dari bahasa inggris “wad” yang artinya “benjolan”
Wingardium Leviosa : Mantra untuk menerbangkan obyek. Berasal dari bahasa inggris “wing” yang berarti “sayap”, dan dari bahasa latin “arduus” yang berarti “tinggi” serta “levis” yang artinya “cahaya”

Puas kan udah dibongkar semuanya?! Postingan ini dibuat untuk iseng-iseng aja. Tapi isinya gak asal lho.. Itu ada dasarnya..

By: higsweart benetz

2 komentar: