this is interesting,
gw baru aja lihad film Fast & Furious V
yang menurut gw, ide cerita kesan nya meniru ITALIAN JOB banged,
gw suka banged Italian Job tapi FF5 dengan Italian Job ?
Well, ga banged deh
Justin Lin, the Producer said :
"There is no neon light and fancy stuff like previous movie,
it's about the car and the engine"
Itu alasan TS menguak kesalahan fatal dalam film ini,
kalau memang mengenai mobil dan power mobil,
apa yang dilakukan di film itu, IMPOSSIBLE
TS tertarik mengajak rekan2 untuk diskusi yang memang tertarik di bidang sebagai berikut :
- bidang safe & security seperti CHUBB, dsb
- bidang mekanikal, paham mengenai kekuatan dan tensile dari kawat baja
- bidang otomotif, mengenai torsi dan gaya berlawanan dari bobot yang ditarik termasuk kekuatan reinforced steel untuk menarik kawat baja dan
struktur Dodge Charger yang tampaknya tidak ada chassis
Gw minta penjelasan dari aksi di film FF 5,
oke, itu memang film, penuh dengan trik dan kebohongan,
ide nya memang memukau, tapi menurut gw, itu totally IMPOSSIBLE,
Gw ga tahu berapa besar power dari Dodge Charger,
mari kita lihat spek nya on the Web,
Dodge Charger R/T MAX, HEMI engine
5.7-liter V8 HEMI® with Fuel Saver Technology,
dual Variable Valve Timing engine packs 370 horsepower at 5,250 rpm
and 395 lb-ft of torque at 4,200 rpm.
HEMI is a registered trademark of Chrysler Group LLC.
Kita bandingkan dengan kendaraan daya angkut beban ini,
Ford F-250
6.7L POWER STROKE™ V8 TURBO DIESEL
400 HP @ 2800
800 lb-feet @ 1600
Sekalipun Ford F250, gw juga ga yakin kalau kendaraan ini ga akan sanggup
menarik vault sebesar dan seberat itu di jalanan apalagi diayun,
one note, setahu TS, Ford F250 adalah kendaraan daya angkut beban
dan memiliki chassis, Dodge Charger apa iya memiliki chassis ?
Bagaimana bisa mengaitkan hook di kendaraan tanpa chassis ?
Apa ga jadinya itu mobil melipat ga karuan body nya kalau dipaksa seperti itu ?
Ok, kita open terhadap opinion, kalau ada pakar yang bersedia komen
disini, kita paham ini cuma film, maksud TS adalah, film memang harus asik
dan memukau cuma jangan nge goblokin orang juga donk,
kalau memang kenyataan nya ga mungkin ya, jangan maksa gituh, hehehe ...
Gw suka dengan Dodge Charger dan ini termasuk muscle car,
means powerful cars tapi ga se powerfull itu untuk menarik beban vault
seperti itu sih,
apalagi manuver di tikungan dan vault nya terayun menghajar bangunan,
menurut TS sih, kalau seperti itu, mobil nya pasti sudah terangkat dari
aspal dan terguling2 ga karuan
Menarik vault sebesar itu, walau dibuat seperti nya mungkin dengan 2 kendaraan untuk menipu audience bahwa power 2 kendaraan begitu besar,
sampai2 Dominic mempergunakan NOS untuk mengeluarkan power engine HEMI yang begitu besar untuk menarik dengan 1 mobil
Bagaimana caranya membuat stabil menarik dengan 2 kendaraan menarik seperti itu ?
1. tensile strength dan jarak antara kedua kawat baja tidak sama
2. power output dari kedua mobil tidak mungkin sinkron, pasti ada yang menarik dan ditarik
3. braking, ini yang paling fatal, gimana caranya mobil dengan bobot Dodge Charger bisa braking dan menahan bobot dan gaya dorong dari vault sebesar itu ?
Kalau menurut TS sih, mobil itu udah remuk duluan ditarik kawat baja tersebut
Quote:
Tensile strength measures the force required to pull something such
as rope, wire, or a structural beam to the point where it breaks. The tensile strength of a material is the maximum amount of tensile stress that it can take before failure, for example breaking. There are three typical definitions of tensile strength: Yield strength - The stress a material can withstand without permanent deformation. This is not a sharply defined point. Yield strength is the stress which will cause a permanent deformation of 0.2% of the original dimension. Ultimate strength - The maximum stress a material can withstand. Breaking strength - The stress coordinate on the stress-strain curve at the point of rupture. |
haduh, ga kebayang deh, gaya tarik dan gaya dorong dari vault sebesar itu
Yang ada di pikiran TS, itu Dodge Charger pasti udah guling2 an keseret gaya dorong dan gaya tarik bobot dari vault tersebut
Yang terakhir,
emang ada kawat baja sekuat itu yah ?
Bisa meratakan bangunan, bisa dipelintir dengan beban seberat itu dan kecepatan segitu tanpa putus ?
Kalau pun ada kawat baja sekuat itu,
gimana caranya mounting di mobil sedan tanpa chassis ?
Itu besi bar di belakang seberapa kuat menempel di rangka body sedan
yang notabene sedan itu tidak memiliki chasis ?
Besi seperti apa yang dipergunakan untuk mounting nya ?
Kalau besi yang biasa buad roll bar dan tanduk sih, TS yakin ga bakalan kuat buad tarik beban sebesar itu, pasti patah
Pake baja buad rangka besi mounting nya ?
Terus Dodge Charger nya di reinforced pake apa ? Khan ga ada chassis ?
Di mounting dimana itu besi donk, kalau kawat baja nya SUPER,
rangka besi mounting nya juga SUPER, mobilnya ga ada chassis,
dimana letak kekuatannya ?
Ini ada gambar sederhana,
coba bayangkan,
kalau salah satu sisi ranka dibebani lalu ditarik beban yang sangat berat,
apa ga bakalan ketarik di salah satu sisi dan jadi ga sinkron ?
Ini salah satu contoh sederhana kasus body melintir,
biasanya kalau kecelakaan parah sampai guling2 an, body mobil melintir,
jadi kanan dan kiri tidak sama efeknya jalan nya mobil jadi ga bener,
bisa geol2, ketarik, dsb
Quote:
Itu ATOZ kita bodynya tuh tipis banget kayak kaleng krupuk, pernah suatu hari saya parkir di Ranch Market dalam kondisi tidak rata, jadi ban depan kanan terangkat agak tinggi dan ban belakang kirinya lebih rendah cukup significan, kmdn saya mau buka pintu hatcback belakang ternyata ada yg seperti beradu, usut2 punya usut ternyata kedudukan lubang pintu belakang sedikit berubah, karena rupanya body jadi terpelintir karena posisi parkir yang demikian, weleh-weleh nih mobil saking tipis nya itu pelat jadi melintir. |
(orang body repair bisa menjelaskan hal ini karena sering melihat body melintir karena kecelakaan)
mengenai power Dodge Charger memang kita ga tahu spek nya,
mungkin bisa dicoba dengan melihat PtWR, Power to Weight Ratio dari Dodge Charger dan beban vault tersebut,
coba aja om Rama kalkulasi output dan bobot dari Dodge Charger tersebut sekalipun di modif,
mobil itu ga akan punya bobot dan traksi yang cukup untuk melakukan aksi stunt seperti itu,
menurut TS sih, yang terjadi pasti loss traction kalau angkatan awal nya dipaksa seperti itu
(coba aja derek mobil di trek lumpur, kalau ban nya ga spinning)
Kalau mau coba,
derek mobil aja pake tali, begitu narik aja, kopling udah terbebani,
makanya di jajaran Ford F-250 dituliskan disitu towing capabilities,
tapi ingad, definisi towing adalah towing, bukan towing terus kebut2 an dan aksi ugal2 an,
jadi ga mungkin tuh, kekuatan towing digabungkan lari kecepatan tinggi dan akselerasi mendadak,
apalagi mobil nya sampai standing, udah pasti berantakan semuanya dah
tapi om pembalap juga keliru, mobil jaman sekarang untuk varian sedan,
light cars sudah tidak memakai chassis lagi, gan,
metode nya monocoque, makanya kalau itu mobil udah kelipet,
secara prinsipil udah ga bisa dibenerin lagi, karena tidak ada patokan rangka
untuk meluruskan nya
Salah satu alasan mobil tidak ada rangka adalah
faktor safety, ibarat nya, dengan adanya rangka berarti force tubrukan yang
ada dipaksakan menghantam kekuatan rangka baja yang ada,
ibarat nya samson disuruh lawan samson, hasil nya yang ada di dalam mobil
pasti berantakan seperti isi telor, gan
Konsep safety dari crash / tubrukan adalah meredam tumbukan yang terjadi
dengan meresap daya tumbukan yang ada ke semua bagian body mobil,
ini cuma bisa dicapai dengan membangun body monocoque tanpa rangka,
kalau ada rangka, semua beban tumbukan akan ditahan oleh rangka
Faktor lainnya mengapa ada teknologi monocoque ini jelas,
lebih ringan, mudah pembuatan nya karena tidak memerlukan proses pembuatan rangka dan lebih murah karena tidak ada pembuatan rangka dari baja selain faktor safety yang sudah disebutkan di atas tentunya
Bahasa simple dari monocoque adalah,
body dan rangka didesign menyatu,
tentu rangka yang dipakai adalah bahan body itu sendiri dan tidak sekuat steel frame,
itu penjelasan simple nya, gan
Ini ilustrasi gambar nya,
kayaknya ga ada steel frame memanjang nya,
tempat duduk nya komponen suspensi, roda, engine dan transmisi
ini komponen body nya, jadi udah ga ada steel frame sebagai rangka nya lagi
Ini literatur nya di wiki, silahkan dibaca dan dipahami, gan
In automobiles, it is now common to see true monocoque frames, where the structural members around the window and door frames are built by folding the skin material several times. In these situations the main concerns are spreading the load evenly, having no holes for corrosion to start, and reducing the overall workload. Compared to older techniques, in which a body is bolted to a frame, monocoque cars are less expensive, lighter, more rigid, and can be more protective of occupants in a crash when appropriately designed. The use of higher strength steels in panels at points of high stress has increased strength and rigidity without increasing weight.
In sophisticated monocoque designs, the windshield and rear window glass is bonded in place and often makes an important contribution to the designed structural strength of automobiles.
ini komeng konyol:
analisa saya...
pasti mobil itu Transformer yang lagi berupaya menyembunykkan identitasnya.. suatu hari dia di curi di parkiran dan di pake buat narik vault
itu analisis gwa.. mengenai kawatnya.. menurut producernya, kawatnya adalah baja TETEKNIUM yang berasal dari planet decepticon. bocorannya itu Material langka yang akan di perebutkan optimus dan decepticon di sequell tranfrormer 7.. jadi secara kekuatan. baja itu ga mungkin putus.. kecuali di gigit limbad dan di kecilin oleh mak erot
mengenai vaultnya. menurut producernya itu vault terbuat dari kaleng krupuk.. jadi secara logika vaultnya enteng...
itu saja semoga mencerahkan otak ts yang lagiu mumet habis nonton
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10312381
dgn sedikit perubahan..
keren nih pembahasannya. ane juga nonton tu film sampe ga habis2 mikir 'apa bisa sedan narik2 vault seberat itu dan beraksi di jalan raya?' terus ane jga mikir 'itu kawat baja dimounting kemana?ga mungkin banget kalo cuman dimounting ke rangka baja yg nempel di belakang mobil' meskipun ane ga ngerti teknisnya tapi yang kebayang adalah 'rangkanya pasti copot duluan sebelum vaultnya terangkat' dan satu lagi...it's a sedan, not a truck.
BalasHapustapi berkat postingan agan ini,semuanya jadi dapat dimengerti kalo adegan itu 100% mustahil. thanks gan!!!
:D
iya, pembahasannya keren, menurut gw, seluruh orang yg nonton film ini pasti akan bilang bahwa adegan itu ga mungkin bisa dilakukan jika kita mengasumsikan kendaraan standar pabrikan seperti itu. tapi itulah film, gw ga keberatan disajikan suguhan visual yg memukau seperti itu, tentunya dengan kesadaran bahwa itu adalah sebuah film eksyen yg memukau. [orang rela membayar sejumlah uang untuk menonton trik sulap yg memukau]
BalasHapus