Senin, 17 Januari 2011

5 Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia

Ternyata di negeri tercinta kita ini, banyak terdapat perguruan tinggi. Namum kita sering tidak paham apa sajakah itu. Yang kita tahu biasanya hanya satu, universitas. Tapi sebenarnya masih ada banyak yang lain, yuk kita bahas.

1. Universitas
Universitas adalah lembaga pendidikan yang paling dikenal di indonesia. Lembaga ini didirikan dengan tujuan untuk mengarahkan lulusannya menjadi tenaga profesional siap kerja atau tenaga pendidikan serta peneliti. Universitas terdiri atas berbagai fakultas.
Fakultas adalah bagian dari universitas yang mendidik mahasiswa dalam bidang tertentu. Sebagai contoh, Fakultas Kedokteran mendidik mahasiswanya dalam bidang kesehatan atau Fakultas Teknik mendidik mahasiswanya dalam bidang teknologi. Dalam sebuah fakultas terdapat beberapa jurusan, misalnya di Fakultas Teknik ada jurusan Teknik Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan teknik lainnya.

2. Institut
Institut berbeda dengan universitas yang mempunyai program studi beragam, institut berkonsentrasi pada satu bidang saja. Sebagai contoh, institut pertanian hanya mengkhususkan bidang pertanian saja, institut teknik hanya berkonsentrasi di bidang teknologi saja, atau institut seni berkutat di bidang seni saja.
Meskipun demikian, institut juga mempunyai beberapa fakultas. Sebagai contoh institut pertanian mempunyai Fakultas Pertanian, Peternakan, Perikanan, dan Kehutanan. Demikian juga dengan institut teknologi yang mempunyai fakultas yang berhubungan dengan teknik.

3. Sekolah Tinggi
Sekolah Tinggi adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dalam lingkup satu disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni. Jika memenuhi syarat, sekolah tinggi dapat menyelenggarakam pendidikan profesi. Sebagai contoh, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) memiliki program profesi spesialis ekonomi atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) khusus mengajarkan ilmu akuntansi.

4. Akademi
Akademi hanya menyelenggarakan satu program studi dan lebih menekankan pada keterampilan praktik kerja dan kemampuan untuk mandiri. Umumnya, lama pendidikan di perguruan tinggi ini hanya 3 tahun. Di perguruan tinggi ini porsi praktik lebih besar daripada teori. Banyak akademi di indonesia berstatus kedinasan. Artinya akademi itu diselenggarakan oleh dinas pemerintah, misalnya Akademi Militer (Akmil), Akademi Ilmu Pemasyarakatan, dan Akademi Kepolisian (Akpol).

5. Politeknik
Politeknik merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional yang bertujuan menyiapkan mahasiswa menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan, serta menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sesuai tujuannya, politeknik memberikan pengalaman belajar berupa praktik dan latihan yang memadai. Di politeknik porsi praktik lebih besar daripada teori. Contoh politeknik antara lain Politeknik Kesehatan (Poltekes), Politeknik Manufaktur, Politeknik Ilmu Pelayaran, dan Politeknik Elektronika.

Buat kalian para remaja yang masih bingung setelah lulus SMA mau ngelanjutin kemana, info ini penting buat pertimbangan kalian ke depannya.
Semoga info ini bermanfaat.


by: higsweart benetz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar