Minggu, 30 Januari 2011

5 Paket Tipe Soal UN 2011

Sebelumnya, saya ragu mau posting entri ini. Kenapa?! Karena saya kira entri ini basi. Tapi, entah basi atau tidak, saya coba posting saja.

Sesuai judulnya, kali ini saya akan bahas salah satu hal yang berkaitan dengan UN 2011 besok.
Yaitu, soal UN 2011 besok akan dibuat dalam 5 paket tipe soal.
Berbeda dari biasanya yang hanya berisi 2 saja, A dan B.
UN besok akan menjadi A, B, C, D, dan E.
*Nah..bingung kan?! Berarti sama..haha

Entah apa yang ada di pikiran Mendiknas tahun ini. Setelah "mempermudah" syarat kelulusan, beberapa waktu berselang malah seperti "mempersulit" keadaan dengan peraturan barunya ini.
Bukan apa-apa, tahun ini segala tentang UN terasa mendadak. Mulai dari perubahan cara kelulusan dan persyaratannya, sampai peraturan 5 paket tipe soal dalam satu ruangan.

Sebenarnya (mungkin) para peserta UN tak takut dengan hal ini semua jika hal ini sudah direncanakan, didiskusikan, dan diumumkan jauh-jauh hari sebelum UN.

Bayangkan saja, kabar pesyaratan UN yang baru diumumkan sekitar 6-7 bulan sebelum UN. Dan kabar 5 paket tipe soal dalam satu ruang diumumkan 3-4 bulan sebelum UN.
Secara logika saja, hal-hal diatas seperti membunuh mental peserta UN saja.
Seperti sudah diketahui berbagai macam kasus bunuh diri hanya gara-gara tidak lulus UN. Apakah Mendiknas tidak berpikir sampai kesana?! Entahlah..
Yang jelas para peserta UN dibuat panik dan takut pada UN kali ini.
Dan saya pikir peserta yang panik dan takut adalah siswa/i yang jarang belajar..haha

Kita sebenarnya tidak boleh men-judge Mendiknas begitu saja, karena sebenarnya ide 5 paket tipe soal UN ini adalah ide dari banyak pihak PTN.
Pihak PTN merasa UN yang berlangsung selama ini tidak efektif dikarenakan di dalam satu ruangan hanya ada 2 paket, sehingga tingkat contek-menyontek tinggi. Alhasil keputusan sulit ini harus diambil..

Lantas, masih ada hal kecil yang menjadi besar jika tidak ditemukan solusinya dari sekarang yaitu pembagian soal.
Bagaimana tidak, dari 20 peserta akan ada 5 paket yang dalam 1 paketnya terdapat 4 soal. Apakah pembagian soalnya akan dibuat urut, no.1=pkt.A; no.2=pkt.B; no.3=pkt.C; dst, atau bagaimana?!
Yang jelas pembagian harus seadil mungkin. Jangan sampai ada pihak yang dirugikan.

Belajar.. Baca materi.. Latihan Soal.. Berdoa.. Dan jangan lupa pakai pensil 2B yang asli.. Serta jangan sampai salah isi identitas..
Semoga 18 - 21 April adalah hari-hari keberuntungan kita..amin

UPDATE:
Tadi pagi, saat saya berangkat les matematika, saya girang luar bisa.. Dengan semangat menggebu-gebu untuk menaklukkan UN April besok. Ternyata, kabar 5 paket ini DIBATALKAN!
Kenapa bisa?! Baca aja terus..

Jadi, saat awal-awal ada wacana 5 paket tipe soal, saya cari di internet. Tapi masih sangat minim. Akhirnya saya temukan di suatu situs yang membahas tapi tidak tuntas, seperti menggantung saja beritanya. Tapi ada satu buah komentar yang menurut saya (saat itu) semoga menjadi kenyataan.
Dalam komentar itu kurang lebih berisi jika mungkin 5 paket tipe soal itu adalah kiriman dari pusat kepada provinsi, dan di provinsi hanya dicetak 2 paket tipe soal saja.
Dan nyatanya, sekarang memang benar hanya 2 paket tipe soal saja. Oh ya, terlebih lagi dalam komentar tersebut dikatakan jika memang rutin tiap tahun pusat mengirim 5 paket tipe soal dan hanya 2 paket tipe soal saja yang dicetak provinsi.
So..keep spirit!
Semakin giat belajar bukan hanya untuk lulus, tapi untuk memperoleh nilai yang memuaskan. ^_~

UPDATE (LAGI):
Soal UN positif lima paket, untuk tempat duduk sepertinya menurut kebijaksanaan sekolah, dan untuk pembagian paket soal jelas acak tapi acaknya berbeda tiap pengawas karena ada acak berpola dan tidak berpola.

by: higsweart benetz

1 komentar: